Brit Pop

Minggu, 14 Maret 2010

hello!

Untuk kalian para pecinta musik, pasti ga asing dengan istilah Brit-pop. apa sih Brit-pop itu? well, Brit pop, (kepanjangannya adalah British Pop) muncul di awal 90-an, dan musik mereka dipengaruhi band band rock tahun 60-70an. Genre ini memposisikan diri sebagai kekuatan musik yang berlawanan, referensi musik gitar Inggris dari masa lalu dan menulis tentang topik hangat yang terjadi di Inggris, khususnya topik yang unik dan kekhawatiran sosial. Contoh dari band britpop pada awal 90-an adalah Oasis (gambar di samping) , Pulp, Supergrass dan Elastica. pengaruh mereka cukup besar lho buat menciptakan mainstream di dunia musik yang disebut Cool Britania.


Well, ternyata di tahun 97-an, sebagai ketidakpuasan tumbuh dengan konsep Cool Britannia, dan Britpop sebagai gerakan mulai larut, muncul band-band mulai menghindari label Britpop sambil tetap memproduksi musik yang berasal dari itu. Banyak dari band-band ini cenderung untuk mencampur unsur-unsur tradisional BritRock, khususnya The Beatles dan Rolling Stones. dengan pengaruh Amerika, termasuk post-grunge. Band band Britpop baru seperti The Verve, Radiohead (gambar disamping) dan terutama Coldplay yang sukses banget daripada sebagian besar band Britpop lain yang telah mendahului mereka,pada akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an.




masih belom puas, gimana sih brit pop itu? langsung aja dengerin lagunya Radiohead yang berjudul Creep. Lagu ini ngehits banget lho di tahun 93an. Sempat diblacklist karena lagunya 'terlalu depresi' -- lagu ini menceritakan tentang seorang cowok yang mencintai cewek yang terlalu sempurna. Suara Thom Yorke, sang vokalis sangat menyejukkan.



See? Anykind of music, they were all awesome. see you on the next posting! xoxo

0 komentar: